Sosialisasi Lele01

Sosialisasi Pengenalan Budidaya Ikan Lele

Bidang budidaya dan perbenihan melaksanakan kegiatan sosialisasi pengenalan budidaya ikan lele pada hari Rabu tanggal 23 November 2016. Acara dibuka dengan pengarahan dari Kepala Bidang Budidaya dan Perbenihan tentang beberapa hal yang budidaya ikan lele yang relatif mudah, tidak membutuhkan banyak modal, harga relatif murah namun cita rasanya banyak disukai masyarakat banyak. Ikan lele mempunyai pernafasan tambahan disamping insangnya, maka dari itu lele dapat hidup di kondisi air yang jelek, keruh, kotor dan miskin oksigen seperti genangan air, air limbah atau buangan.

Selanjutnya Kepala Seksi Teknologi Budidaya dan Pengendalian Lingkungan menjelaskan tentang peluang bisnis perikanan dan panduan budidaya ikan lele. Sebelum benar-benar memilih melakoni bidang usaha ternak lele ini, ada baiknya meyakinkan diri terlebih dulu, dan sebagai motivasi, berikut disajikan keunggulan budidaya ikan tersebut dibanding yang lainnya:

  1. Mudah dilakukan
  2. Tidak membutuhkan banyak modal
  3. Khusus untuk kolam terpal, bisa mengatur ikan yang ada di dalam kolam dengan sangat mudah.
  4. Budidaya lele itu praktis saat panen jika dilakukan dalam kolam terpal
  5. Air dapat dikontrol dengan mudah jika dilakukan dalam kolam terpal
  6. Bisa menentukan media terbaik bagi habitatnya tanpa harus kawatir kontaminasi dari air tanah

Keunggulan di atas merupakan keunggulan khusus untuk budidaya lele yang dilakukan di dalam kolam terpal. Materi budidaya lele juga dapat dipelajari pada leaflet yang telah dibagikan kepada peserta. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh 30 orang pembudidaya ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *