Kelembagaan01

Sosialisasi Pengembangan Usaha Perikanan Melalui Kelembagaan Pemasaran

Lembaga pemasaran produk perikanan merupakan badan-badan atau lembaga yang berusaha dalam bidang pemasaran, menggerakkan barang dari produsen ke konsumen melalui penjualan produk perikanan. Lembaga pemasaran produk perikanan pada dasarnya harus berfungsi dalam memberikan pelayanan kepada pembeli maupun komoditas itu sendiri. Produsen mempunyai peran utama dalam menghasilkan barang-barang dan sering melakukan kegiatan pemasaran produk perikanan. Sementara itu pedagang menyalurkan komoditas dalam waktu, bentuk, dan tempat yang diinginkan konsumen.

Adanya jarak antara produsen dan konsumen menyebabkan penyaluran produk dari produsen ke konsumen sering melibatkan beberapa lembaga perantara, dimulai dari produsen itu sendiri, lalu lembaga-lembaga perantara sampai ke konsumen akhir. Di dalam proses penyaluran selalu mengikutsertakan keterlibatan berbagai pihak. Keterlibatan tersebut dapat dalam bentuk perorangan maupun kelembagaan,

Perantara pemasaran produk ini bermacam macam dan biasanya bertigkat. Untuk tingkat pertama biasanya di tempati perwakilan wilayah yang biasanya perusahaan sendiri menanganinya. Kemuadian ada agen tunggal yang mencangkup daerah pemasaran lebih kecil. Perlu diingat agen juga merupakan perwakilan perusahaan juga karena bisa bertindak atas nama perusahaan Selanjutnya biasanya disusul oleh pedagang biasa yang menjual tidak hanya satu produk perusahaan. Di tingkat ini bisanya sudah sampai ke konsumen akhir tetapi ada juga yang disalurkan ke tingkat yang lebih kecil lagi seperti warung –warung yang kemudian bisa dipakai langsung oleh konsumen akhir. Dan saluran-saluran pemasaran ini sangat membutuhkan lembaga-lembaga pemasaran sebagai wadah pendistribusian barang dan jasa. Adapun keuntungan dengan adanya kelembagaan pemaaran ini antara lain:

  1. Mengkoordinir produk olahan hasil perikanan sehingga jalurt pemasaran menjadi lebih pendek
  2. Membantu pengembangan usaha produk perikanan
  3. Memperluar akses pasar dari para pengolah dan pemasar produk perikanan
  4. Meningkat penjualan dari para pengolah dan pemasar
  5. Mempermudah dalam memperoleh informasi akses pasar

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka dinas kelautan dan perikanan kota probolinggo memberikan kegitan sosialiasi terkait pentingnya kelembagaan usaha perikanan dalam menunjang pengembangan usaha perikanan bagi Pengolah dan pemasar produk hasil perikanan.

Peserta dari kegiatan Sosialisasi Pengembangan Usaha Perikanan Melalui Pengembangan Usaha Perikanan sebanyak 50 orang yang merupakan Pengolah dan pemasar hasil produk perikanan binaan Dinas kelautan Dan Perikanan Kota Probolinggo.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *