Cover SPK

Semarak Pagi Kota Probolinggo Edisi Desember

Kegiatan Promosi Hasil pembangunan di Bidang perikanan dilaksanakan dengan mengikuti acara Semarak Pagi Kota Probolinggo Tahun 2017, yaitu pada hari Minggu tanggal 10 Desember 2017. Dinas Kelautan dan Perikanan menempati stand No. 27 yang berada di wilayah Kecamatan Kademangan.

Pada Semarak Pagi Kota Probolinggo kali ini stan Dinas Perikanan tampak sangat berbeda dengan SPKP sebelumnya. Dengan luas stand 12 meter Bidang Usaha Perikanan Berkolaborasi UPT PPMHP (Pemasaran dan Pengembangan Mutu Hasil Perikanan). Dan pada kesempatan ini Dinas Perikanan  membagikan sembako gratis kepada 50 orang yang membutuhkan.

Bidang Pengembangan usaha menampilkan dan mempromosikan aneka macam jenis ikan hias yang di budidayakan di Kota Probolinggo. Dalam hal ini Bidang Pengembangan usaha mengundang Bapak Udik yaitu pembudidaya dan pemasar ikan hias untuk memperkenalkan dan mempromosikan hasil budidaya ikan hiasnya. Adapun ikan hias yang ditampilkan oleh Pak Udik antara lain ikan gupi, ikan cupang dan ikan balon. Antusias masyarakat utamanya anak – anak sangat luar biasa terhadap ikan hias tersebut terlihat dari kerumunan anak – anak yang ingin melihat – lihat maupun membeli ikan hias yang di tampilkan. Selain itu Bidang Pengembangan Usaha juga menampilkan ikan nilam yaitu ikan untuk terapi atau lebih di kenal dengan sebutan fish pedicure yaitu terapi yang memanfaatkan gigitan – gigitan oleh ikan – ikan kecil dengan merendamkan kaki di kolam, Banyak yang meyakini jika fish pedicure ini banyak memberikan manfaat untuk berbagai macam masalah kesehatan terutama kulit. Gigitan ikan ini diyakini dapat membantu membersihkan dan mengelupaskan kulit. Individu yang menginginkan terapi ini diminta untuk memasukkan kakinya di dalam kolam atau tangki  air tawar yang berisi puluhan hingga ratusan ikan. Ikan-ikan  kecil dan ompong ini akan menghisap dan menggigit dengan lembut kulit kering dan mati dari kaki. Ikan yang menggigit memberikan sensasi geli, dan dianggap sebagai pijatan relaksasi. Setelah melakukan terapi ikan ini, kita akan merasa segar dan kaki tampak sehat.

Terapi ikan bermanfaat untuk pengelupasan kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan bakteri, dan juga mengurangi bau kaki. Juga dikatakan bisa menyembuhkan penyakit kaki atlet, dan banyak kondisi kulit lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di bawah lingkungan yang terkendali di sebuah universitas kedokteran di Austria, mengungkapkan bahwa terapi ikan ini efektif mengobati psoriasis. Ikan – ikan tersebut sengaja didatangkan dari Tasik Malaya jawa barat untuk di perkenalkan kepada masyarakat Kota Probolinggo. Dengan kolam portable berukuran 3×3 meter terapi ikan nilam mampu menyedot perhatian masyarakat yang berkunjung ke stan Dinas Perikanan dan tak sedikit masyarakat yang mencoba melakukan terapi ikan tersebut.

Bidang Pengembangan usaha juga mensosialisasikan gemar makan ikan dengan memberikan informasi tentang nilai gizi yang terkandung pada ikan dan manfaatnya bagi kesehatan kita. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan, antara lain:

Protein

  1. Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia dikacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur.
  2. Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang system pencernaannya belum sesempuna orang dewasa.
  3. Protein ikan mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.

 

Lemak

  1. Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.
  2. Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3. Yang paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil.
  3. Vitamin
  4. Vitamin A : banyak terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat mencegah kebutaan pada anak.
  5. Vitamin D : selain  terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  6. Viatamin B6 : membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  7. Vitamin B 12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf

 

Mineral

  1. Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.
  2. Yodium: mencegah terjadinya penyakit  gondok serta hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.
  3. Selenium: berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.
  4. Seng: membantu kerja enzim dan hormone.
  5. Fluor: menguatkan serta menyehatkan gigi skecil.

Berikut 35 manfaat makan ikan bagi kesehatan :

  1. Fakta ikan yang pertama adalah ikan merupakan sumber terbaik lemak omega-3.
  2. Manfaat makan telur ikan dapat mengatasi kerutan pada wajah.
  3. Dari hasil sebuah study dilaporkan bahwa manfaat makan ikan bagi ibu hamil yang mengonsumsi suplemen minyak ikan, memiliki khasiat dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada balita.
  4. Anak-anak dari para ibu yang mengonsumsi minyak ikan ternyata mempunyai nilai lebih tinggi pada daya nalar (kekomprehensifan), kemampuan mengingat frase yang panjang dan lebih kaya kosa kata.
  5. Fakta makan ikan dapat menurunkan risiko penyakit AMD (Age-Related Macular Disease) atau kondisi memburuknya penglihatan secara progresif.
  6. Laki-laki yang lebih banyak makan ikan mempunyai risiko menderita kanker prostat lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki yang sedikit atau tidak sama sekali makan ikan.
  7. Manfaat makan ikan pada laki-laki dapat membuat fisiknya menjadi lebih aktif.
  8. Fakta makan ikan, terutama yang banyak mengandung asam lemak omega -3 seperti salem, herring dan mackerel dapat menghalangi pertumbuhan sel kanker prostat.
  9. Omega-3 pada ikan juga dapat menjadikan jantung sehat. Omega-3 memiliki fungsi dapat membantu mencegah pembekuan darah di dinding arteri, yang pada akhirnya dapat melindungi dari serangan penyakit jantung.
  10. Faktanya, ikan dan keluarga besarnya mengandung nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, protein, selenium, besi, zinc (seng) yang dapat menguatkan kuku dan tulang.
  11. Manfaat makan ikan secara rutin bagi ibu hamil mampu turunkan risiko kelahiran premature dan berat lahir bayi yang rendah.
  12. Fakta makan ikan juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit asma pada anak-anak.
  13. Manfaat makan ikan kurangi risiko kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia menemukan bahwa para wanita yang mengonsumsi ikan berlemak satu kali atau lebih dalam seminggu, mempunyai kemungkinan 44% lebih rendah terhadap penyakit kanker ginjal.
  14. Fakta ikan lainnya, makan ikan kurangi risiko diabetes pada anak-anak. Belum lama ini, Journal of the American Medical Association (JAMA) telah mempublikasikan studi internasional baru tentang peran makan ikan yang dapat mengurangi risiko penyakit diabetes pada anak-anak.
  15. Manfaat makan ikan dapat mengindari dan meminimalkan penyakit serius atau kronis seperti serangan jantung, stroke, diabetes, kanker rahim, depresi, dan gangguan ketidakstabilan emosi lainnya.
  16. Manfaat makan ikan dan seafood dapat mengurangi gangguan kesehatan mental.
  17. Para ibu yang makan ikan paling banyak selama kehamilan, akan mempunyai anak dengan kemampuan gerak dan kognitif lebih baik.
  18. Makan dengan menu ikan dapat tingkatkan kemampuan bahasa dan kecerdasan anak. Wanita yang mengonsumsi ikan secara rutin selama kehamilan akan mempunyai anak dengan kemampuan bahasa dan komunikasi yang lebih baik sebelum usia 18 bulan.
  19. Mengonsumsi minyak ikan secara rutin terbukti dapat mencegah penyakit kanker kulit.
  20. Fakta makan ikan bagi ibu hamil lainnya dapat mengurangi depresi pasca melahirkan, mood swing, dan babyblues.
  21. Produk ekstrak ikan gabus berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan serta mempercepat kesembuhan dan pemulihan penderita kekurangan albumin, protein, haemoglobin, zat besi, penyakit stroke, diabetes mellitus, kanker, lupus, parkinson, jantung, penyakit hati, ginjal, asma, pasca operasi, lanjut usia, dan lainnya.
  22. Mengonsumsi ikan lebih banyak dapat meningkatkan stamina serta mencegah stroke.
  23. Manfaat makan ikan juga cocok untuk orang yang sedang diet. Dengan pola makan yang benar mengonsumsi ikan dapat mencegah kegemukan.
  24. Omega 3 pada ikan memiliki fungsi dapat memperbaiki fungsi paru-paru.
  25. Manfaat mengonsumsi minyak ikan dengan kandungan EPA yang tinggi, dapat mengurangi gejala schizophrenia.
  26. Mengonsumsi minyak ikan secara teratur juga dapat mengatasi masalah kepribadian yang diderita oleh remaja.
  27. Mengonsumsi ikan menjadi faktor yang amat penting untuk mencegah kekurangan selenium. Penyakit kekurangan selenium antara lain pertumbuhan lambat, distrofi otot atau hilangnya jaringan otot, necrosis jantung, ginjal, dan hati.
  28. Kandungan omega 3 pada ikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi dan ayam.
  29. Nutrisi dan vitamin pada ikan berperan dalam pengembangan daya penglihatan dan pertumbuhan syaraf di retina mata.
  30. Nutisi pada ikan juga dapat menurunkan gejala sindrom mata kering
  31. Manfaat makan ikan juga baik untuk kulit. Mengonsumsi ikan dapat membantu mengurangi pengaruh penuaan dini akibat matahari.
  32. Fakta makan ikan dapat menyehatkan persendian, yaitu membantu mengurangi gejala dan peradangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis.
  33. Manfaat makan ikan lainnya dapat membantu melindungi dari serangan jantung dan kematian mendadak.
  34. Anak-anak yang dilahirkan oleh ibu yang mengonsumsi asam amino omega 3 mempunyai kecerdasan dan ketrampilan sosial lebih baik dibandingkan dengan yang dilahirkan oleh ibu yang tidak mengonsumsi asam amino omega 3.
  35. Nutrisi pada ikan merupakan salah satu sumber vitamin B12 yang berfungsi mencegah kelainan system saraf pusat, gangguan mood, serta demensia.

UPT PPMHP (Pemasaran dan Pengembangan Mutu Hasil Perikanan) melounching “GOMBAL ISAP” sego sambel ikan asap yang Alhamdulillah dalam waktu 3 jam 200 ekor ikan asap habis terjual, hal ini menunjukkan bahwa anemo masyrakat terhadap produk – produk hasil perikanan sangat tinggi. UPT PPMHP juga tak lupa memperkenalkan sentra pengolahan ikan asap yang berlokasi di jl. Lingkar utara sebelah terminal kargo depan pabrik KTI dengan tujuan agar masyarakat lebih mudah dan murah memperoleh ikan asap karena langsung di beli dari pengasap langsung selain itu lokasi yang nyaman dan rekreatif merekomendasikan sentra pengolahan ikan asap sebagai tempat wisata kuliner yang layak untuk di coba. Selain ikan asap UPT PPMHP juga menjual aneka ikan segar dengan harga yang sangat murah lebih murah dari harga ikan di pasaran antara lain ikan tongkol, ikan kembung, ikan mangla dan ikan kurisi jika di pasar ikan  – ikan tersebut di banderol dengan harga Rp.25.000 – Rp.30.000/kg di sini dijual dengan harga Rp.20.000,-, ikan lele jika di pasar harga perkilonya Rp. 20.000 di sini dijual hanya dengan harga Rp. 15.000,- saja. Otomatis dalam waktu sekejab ikan – ikan tersebut habis terjual. UPT PPMHP juga menginformasikan bahwa telah melounching program “KENCAN UNTUKMU” yaitu Kemasan cantik untuk produk bermutu, dengan sasaran masyarakat yang membuat produk baik konsumsi maupun non konsumsi bisa membuat kemasan yang cantik di UPT PPMHP dengan pelayanan yang baik dan harga terjangkau sehingga produk – produk di kota probolinggo bisa memiliki daya tarik yang luar biasa dan nantinya mampu bersaing baik pasar lokal, nasional bahkan internasional. Dengan menampilkan aneka teknologi pengemasan berupa mesin – mesin kemasan serta berbagai macam kemasan dan design label yang cantik di harapkan bisa menarik minat masyarakat untuk membuat kemasan di UPT PPMHP.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *