Road02

Road Show Makan Ikan

Kota Probolinggo merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan laut. Banyak komoditi perikanan laut yang dihasilkan setiap hari mulai dari ikan yang memiliki nilai ekonomis rendah hingga ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti ikan petek, kembung, layang, tengiri hingga ikan kakap. Semua komoditi ikan tersebut memiliki nilai gizi yang tinggi.

Ikan merupakan sumber protein yang tinggi yang memiliki kegunaan sebagai sumber energi, pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, sebagai sintesis hormon, enzim, dan antibodi, pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel. Ikan juga mengandung Omega 3 yang memiliki kegunaan bagi tubuh untuk meningkatkan kecerdasan anak pada masa pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan daya tahan tubuh pencegahan beberapa penyakit degeneratif dimulai pada saat seseorang berada dalam kandungan, oleh karena itu sangat dianjurkan kepada ibu ibu mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung omega 3 pada saat kehamilannya. Selain mengandung protein dan omega 3, ikan juga memiliki kolesterol yang rendah sehingga tidak memicu timbulnya penyakit.

Konsumsi makanan bergizi kaya protein hewani seperti ikan bagi anak-anak adalah untuk meningkatkan daya nalar dan perkembangan daya pikir anak. Pada Negara-negara maju seperti jepang, korea, dan cina, ikan menjadi salah satu menu yang wajib ada setiap hari. Tingkat konsumsi ikan di Negara tersebut tinggi, selain karena masyarakatnya paham akan kelebihan mengkonsumsi ikan, mereka juga menyukai berbagai produk olahan ikan seperti fillet, fish crips dan kerupuk ikan. Hal ini dikarenakan ketersediaan ikan sedikit dan harga yang lebih mahal daripada daging ayam ataupun sapi.

Pemerintah Kota Probolinggo memandang bahwa nilai konsumsi ikan perlu ditingkatkan. Sebagai salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki wilayah laut, maka sudah sepatutnya mempromosikan produk perikanan sehingga konsumsi ikan meningkat. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan nilai konsumsi ikan melalui promosi atau pengenalan  dan mengajak masyarakat untuk menyukai ikan dan produk olahannya. Berkaitan dengan hal tersebut,        Maka Dinas Kelautan dan Perikanan melalui program Optimalisasi Pengelolaan dan Pemasaran Produksi Perikanan melaksanakan kegiatan Promosi Hasil Pembangunan di Bidang Perikanan, yaitu dengan melaksanakan Road Show Makan Ikan.

Kegiatan Promosi Hasil pembangunan di Bidang perikanan Khususnya road Show makan Ikan dilaksanakan dengan menggelar produk olahan hasil perikanan Binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo yang merupakan rangkaian dari acara Gemas Cinta (Gelaran Kiprah Masyarakat Cinta Ikan dan Bahari) di TWSL (Taman Wisata Studi Lingkungan) Kota Probolinggo. Kegiatan roadshow tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 November 2016 pukul 06.00 sampai dengan 11.00 WIB.

Peserta pelaksana kegiatan roadshow makan ikan adalah para pengolah dan pemasar binaan Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Probolinggo yang berjumlah 25 Orang yang terdiri dari anggota Kelompok Akusarabasuki dan staf dari Dinas Kelautan Dan Perikanan.

Pada kegiatan tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar stand di area di TWSL (Taman Wisata Studi Lingkungan) Kota Probolinggo pemilihan lokasi tersebut karena lokasi tersebut merupakan lokasi yang menjadi salah satu titik keramaian di kota probolinggo. Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo  menampilkan dan mempromosikan berbagai macam produk olahan yang berbahan dasar ikan. Dengan kegiatan ini diharapakan agar memperkenalkan atau mempromosikan bahwa tehnik pengolahan ikan dapat dilakukan dengan bermacam macam sehingga ikan tidak hanya di olah dengan cara dibakar, di goreng maupun di kukus melainkan ikan dapat digunakan melalui berbagai jenis olahan yang dapat menarik perhatian orang untuk di konsumsi. Jenis produk – produk olahan  tersebut  antara lain :

  1. Es SI IRUL (Salasih Ikan dan Rumput laut)
  2. Puding Art Rumput Laut
  3. Pempek Tuna, tengiri udang dan cumi cumi
  4. Lele geprek dan sambal sea food
  5. Kaki Naga
  6. Donat rumput Laut
  7. Buger Tuna
  8. Puding sedot Rula
  9. Bandeng Presto
  10. Nasi Bakar Sea food
  11. Gurame bakar
  12. Pizza Roll Tuna
  13. Tahu Leja (lele Jamur)

Selain menampilkan beberapa produk olahan hasil perikanan dari, DKP juga memberikan edukasi kepada peserta tentang pentingnya makan ikan, sanitasi higienis pengolahan dan diversifikasi produk olahan hasil perikanan. Road Show makan Ikan episode II ini mendapat respon positif dari pengunjung khususnya masyarakat pengunjung di TWSL (Taman Wisata Studi Lingkungan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *