Restocking

Restocking Perairan Umum dan Darat

Pelaksanaan Pembangunan Nasional yang berdasarkan pada Wawasan Nusantara, menuntut kita untuk dapat mengelola Sumberdaya Perikanan dan Kelautan tersebut sebaik – baiknya. Pengelolaan Sumberdaya yang sebaik – baiknya adalah dengan berdasarkan keadilan dan pemerataan dalam pemanfaatannya serta terciptanya kelestarian sumberdaya ikan dan lingkunganya. Hal ini sesuai dengan amanat undang – undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang perikanan.

Atas dasar tersebut diatas maka Dinas Perikanan Kota Probolinggo dalam program kerjanya memandang penting dilakukan Restocking Perairan Perairan Umum Darat. Hal ini sesuai dengan kondisi wilayah Probolinggo yang memiliki wilayah Sungai – Sungai dan sumber mata air yang berpotensi sangat baik untuk dilakukanya Restocking atau penebaran benih – benih ikan. Keberadaan wilayah Sungai – sungai dan Sumber mata air ini secara sosial ekonomi sangat berpengaruh pada jenis mata pencaharian sebagian besar masyarakatnya yaitu bergerak dalam bidang perikanan tangkap ( nelayan ) dan pencari ikan di perairan umum maupun pembudidaya ikan. Namun dalam pengelolaan sumberdaya perikanan tersebut banyak terdapat permasalahan – permasalahan yang timbul akibat penanganan eksploitasi sumberdaya ikan yang sembarangan dan kontra produktif terhadap perkembangan kegiatan pengelolaan sumberdaya perikanan.

Pada pelaksanaan secara teknis kegiatan restocing atau penebaran bibit ikan ini, dengan memberikan gambaran yang benar tentang cara – cara pemanfaatan Sumber Daya Perikanan yang benar dengan tidak merusak SDI yang ada. Di dalam mendukung kegiatan tersebut, Dinas Perikanan Kota Probolinggo melibatkan kelopok masyarakat secara aktif dan secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Restocking Perairan Umum Darat ini  dilaksanakan Pada Hari Jumat tanggal 27  Januari 2017, di Perairan Umum depan Tambak Dinas Perikanan Jl. Lingkar Utara Kelurahan Mangunharjo, Sumber Air Gang Gayam Kelurahan Pilang. Kegiatan Restocking ini dimulai pukul 06.30 WIB sampai dengan Selesai. Selain Dinas Kelautan dan Perikanan dalam hal ini bidang Budidaya dan Pengendalian Lingkungan, Pengawas Perikanan, Kegiatan Restocing Perairan Umum juga dihadiri oleh, anak sekolah serta melibatkan POKMASWAS sebagai mitra Dinas Perikanan untuk menciptakan sistem pengawas dan pengendalian Sumberdaya Perikanan yang berkelanjutan. Bibit Ikan diserahterimakan Kelompok POKMASWAS dan anak sekolah untuk ditebar dan diawasi pengelolaannya.

NO URAIAN JUMLAH IKAN WILAYAH PENEBARAN
1

 

 

Bibit Ikan Nila

Ukuran 9 – 10 cm

 

16.662 ekor

 

1.  Perairan Umum depan Tambak Dinas

2.  Sumber Mata Air Gang Gayam Pilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *