Cover Penanganan Ikan

Sosialisasi Penanganan dan Pengolahan Ikan yang Baik

Sosialisasi Penanganan dan Pengolahan ikan yang baik. Dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Usaha Dinas Perikanan Kota Probolinggo kemudian dilanjutkan dari Kepala Seksi Pengembangan Mutu dan Promosi Hasil Perikanan menjelaskan Pengolahan dan Penanganan ikan sangat penting diterapkan selama proses untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi. Kegiatan Sosialisasi Penanganan dan Pengolahan ikan yang baik diikuti oleh sebanyak 75 orang yang masuk dalam Kelompok Pengolah dan Pemasar Produk Perikanan binaan Dinas Perikanan Kota Probolinggo.

Selanjutnya narasumber yang berasal dari Pokhlahsar Manalagi yang memiliki Kedai Ola-ole di Kota Probolinggo menerangkan tentang pengolahan ikan yang baik salah satunya yaitu memfilet ikan yang baik antara lain :

  1. Cuci bersih ikan dan buang sisiknya jika ada.;
  2. Dari bagian ekor, fillet dan tarik ke atas ke bagian kepala. Pastikan pisau menyentuh tulang ikan sehingga seluruh bagian daging terangkat.;
  3. Kini, lakukan di sisi lain sehingga daging ikan juga terlepas dari tulangnya;
  4. Periksa kembali setiap sisi, buang sisa tulang ikan dan duri kecil yang masih terselip;
  5. Ikan bisa disimpan terlebih dahulu di dalam wadah tertutup jika tidak ingin segera digunakan. Tambahkan potongan jeruk nipis di dalam wadah sehingga ikan tetap segar.

Praktek Penanganan Ikan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *