Rula02

Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan : Rumput Laut

Salah satu produk perikanan adalah rumput laut, Rumput laut mempunyai peranan penting, terutama dikaitkan dengan upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi perikanan yang diarahkan untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat, menghasilkan protein dan serat dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, meningkatkan ekspor, menyediakan bahan baku industri, memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha, serta mendukung pembangunan wilayah dengan tetap memperhatikan kelestarian dan fungsi lingkungan hidup.

Rumput laut atau sea weeds sangat populer dalam dunia perdagangan. Dalam dunia ilmu pengetahuan rumput laut dikenal sebagai Algae. Rumput laut tumbuh dan tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia. Tumbuhan ini bernilai ekonomis penting karena penggunaannya sangat luas dalam bidang industri kembang gula, kosmetik, es krim, media cita rasa, roti, saus, sutera, pengalengan ikan/daging, obat-obatan, dan batang best untuk solder/las. Selain itu, rumput laut juga memberi nilai tambah rumah tangga. Manisan rumput laut, misalnya, dibuat dari jems Eucheuma yang berguna bagi kesehatan. Jenis ini dapat memperlancar system pencemaan makanan, di samping banyak mengandung vitamin dan mineral. Di Indonesia, pemanfaatan rumput laut yang terbesar adalah sebagai bahan ekspor dalam bentuk rumput laut kering. Kenyataan ini menunjukkan prospek ekspor rumput laut Indonesia di masa datang semakin cerah. Mengingat perairan Indonesia berpotensi besar untuk budidaya rumput laut yang disertai teknik yang mudah, penanganan pascapanen yang sederhana, dan modalnya yang kecil, maka para pelaku usaha perikanan semakin giat mengembangkannya.

Saat ini penanganan dan pengolahan pasca panen rumput laut perlu diusahakan secara optimal, padahal sebetulnya teknologi penanganan dan pengolahannya cukup sederhana dan tidak memerlukan modal yang besar dan peralatan yang canggih. Jika teknologi pasca panen rumput laut dapat dikembangkan dan diterapkan dengan baik, maka agroindustri yang bertujuan meningkatkan nilai tambah, menambah lapangan kerja dan mengurangi impor produk jadi rumput laut dapat tercapai. Rumput laut akan lebih bernilai ekonomis setelah mendapat penanganan lebih lanjut.

Dinas Kelautan dan Perikanan melalui program Optimalisasi Pengelolaan dan Pemasaran Produksi Perikanan melaksanakan Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan  khususnya Rumput Laut guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengolah hasil perikanan menjadi berbagai macam produk yang bernilai ekonomis tinggi. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini terbentuklah iklim usaha baru di masyarakat yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian mereka. Kegiatan Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan dilaksanakan pada hari rabu – jum’at , tanggal 23 s/d 25 November 2016 mulai pukul 08.00 WIB dan bertempat di Ruang Pertemuan Kelurahan  Wiroborang Kota Probolinggo, jl. Raden Wijaya  Probolinggo. Peserta berjumlah 75 orang.

Selama ini sekitar 85% rumput laut Indonesia digunakan untuk kepentingan ekspor dalam bentuk mentah yaitu rumput laut kering. Jumlah rumput laut yang diserap oleh paar domestik untuk diolah menjadi barang-barang olahan hanya 25%. Padahal jika dijual dalam bentuk mentah baik kondisi basah maupun kering maka akan mempunyai nilai jual yang relatif lebih rendah jika dibandingkan rumput laut yang telah diolah, oleh karena itu perlu penanganan dan pemanfaatan rumput laut tersebut menjadi produk makanan yang digemari masyarakat dengan proses pembuatanya yang mudah.

Cendol rumput laut merupakan salah satu diversifikasi pengolahan rumput laut. Produk ini dapat dijadikan kuliner jajanan yang enak dan biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Proses pengolahanya mudah dan menggunakan peralatan yang sederhana. Sebagai bahan baku utama dalah rumput laut yang telah dibuat bubur melalui proses perebusan dan penghalusan menggunakan blender, sesudah itu ditambahkan bahan-bahan tambahan lainya seperti garam, susu bubuk, tepung sagu, tepung beras dan pasta pandan untuk selanjutnya dicetak.

Peralatan yang digunakan :

– Timbangan

– Blender

– Baskom

– Pengaduk kayu

– Cetakan cendol

– Kompor

– Panci/wajan Perebusan

 

Bahan-bahan yang digunakan

Rumput Laut (Basah)   : 500 gr

– Tepung Beras           : 100 gr

– Tepung sagu   : 75 gr

– Susu bubuk    : 20 gr

– Garam            : 0,5 sdt

– Pasta pandan    : 2 sdt

– Air             : 1 liter

– Es Batu secukupnya

 

KUAH SANTAN :

– Gula merah   : 0,5 Kg

– Gula Pasir  : Secukupnya

– 2 ltr Santan (dari 1 butir kelapa)

– Garam secukupnya

– Vanili / daun pandan secukupnya

 

Prosedur Pembuatan Cendol Rumput Laut :

  1. Rumput laut kering dicuci dan direndam dalam air selama 1 jam, tiriskan dan kemudian direbus dengan air sebanyak 1 liter selama 30 menit, sambil diaduk terus menerus.
  2. Kemudian diblender dalam keadaan panas hingga menjadi bubur rumput laut. Selama pemblenderan, tidak perlu ditambahkan air.
  3. Bubur rumput laut selanjutnya direbus kembali dengan api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk, selanjutnya secara berurutan ditambahkan bahan-bahan tambahan seperti garam, susu bubuk, tepung sagu, tepung beras, dan terakhir ditambahkan pasta pandan sebagai pewarna. Selama proses penambahan bahan tambahan tersebut adonan cendol sambil diaduk-aduk agar bahan tambahan dapat tercampur merata (homogen) dan adonan tidak menjendal.
  4. Cetak Adonan cendol dalam keadaan panas diatas air bercampur es batu dengan menggunakan cetakan cendol agar adonan cendol yang terbentuk menjadi kenyal

 

Cara Membuat Saos Santan :

  1. Siapkan kelapa yang sudah diparut dari 1 butir kelapa, lalu tambahkan 1 liter air kemudian diperas setelah diperoleh santan selanjutnya disaring dulu untuk direbus
  2. Sisir gula merah sebanyak 0,5 kg,  dan ditambahkan ke santan selanjutnya direbus sampai mendidih, tambahkan gula pasir sebanyak secukupnya selama proses perebusan santan harus diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
  3. Ambil beberapa sendok cendol ke dalam gelas, beri santan dan es batu aduk rata, cendol siap disajikan.

Disamping Cendol rumput laut, olahan rumput laut juga bisa digunakan dalam pembuatan donat rumput laut. Adapun proses pembuatan donat rumput laut antara lain:

Cara Membuat Donat

Bahan-bahan yang diperlukan untuk resep Cara Membuat Donat :

  1. 500 gr tepung terigu protein tinggi (pake yg serba guna juga bisa)
  2. 500 gr rumput laut
  3. 100 gr gula pasir
  4. 11 gr ragi instant
  5. 1/4 sdt baking powder
  6. 1/2 sdt garam
  7. 2 kuning telor
  8. 100 gr mentega
  9. 250 ml susu cair dingin.

Cara membuat Donat :

  1. Pertama-tama cara membuat donat yaitu campur jadi satu yaitu tepung terigu, , rumput laut yang sudah halus, gula pasir, ragi instant, Baking Powder dan garam. kemudian duk hingga rata.
  2. Kemudian rambahkan kuning telur, aduk dan remas remas hingga rata dan berbutir halus.
  3. Tambahkan mentega, aduk dan remas kembali rata.
  4. Kemudian tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil aduk hingga rata. Kemudian uleni adonan hingga licin dan kalis atau tidak lengket ditangan, kira-kira 15 menit. Bulatkan adonan, tutup dengan lap basah dan bersih. Diamkan 1 jam.
  5. Bagi adonan menjadi 30 buah bola. Diamkan kembali 1 menit.
  6. Kemudian lubangi bola ditengah dengan menggunakan jari atau pake cetakan donat
  7. Kemudian goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengembang dan kecoklatan.

 

Disamping cendol dan donat rumput laut pada pelatihan diversifikasi produk olahan hasil perikanan khususnya rumput laut juga mempraktekan pembuatan puding Art. Adapun proses pembuatan puding art sebagai berikut:

Bahan Puding :

  • Jelly instan plain 15 gram
  • Gula pasir 10 sendok makan
  • Air 700 mili liter
  • Essense vanilla 1 sendok teh

Bahan Puding Susu

  • Agar-agar bubuk plain 1 sendok teh
  • Jelly instan plain 1 sendok teh
  • Susu cair 600 mili liter
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Essens strawberry secukupnya
  • Essens melon secukupnya

Proses Pembuatan Puding Art rumput laut

  1. Puding Kaca : Campur gula dan jelly instant (nutrijell), tuangi air lalu masak hingga mendidih. Tambahkan essens vanilla, matikan api. Diamkan puding kaca hingga berkurang uap panasnya. Nanti akan terlihat lapisan putih kental di permukaannya. Silahkan bunda buang lapisan yang mengapung itu, nanti hasilnya menjadi sebuah puding atau jelly bening bak kaca.
  2. Selanjutnya basahi cetakan puding sesuai selera, tuangi adonan puding 3/4 tinggi cetakan. Diamkan sampai puding jelly mengeras.
  3. Puding Susu : Setelah puding kaca mengeras, kini saatnya kita membuat puding susu. Langkah awal campur agar-agar, jelly bubuk (nutrijell) dan gula pasir. Tuang susu lalu masak sampai mendidih. Angkat, lalu bagi menjadi 3 bagian. Beri essens strawberry, melon dan sisanya tanpa essens.
  4. Nah, kini bunda harus siapkan peralatan yang dibutuhkan. Seperti sendok kecil, sendok besar yang memiliki ujung sedikit runcing, kerukan buah dan sedotan es.
  5. Sebelum mulai membuat art bunga, mari kita pelajari dulu prinsip pembuatan kelopak bunga. Untuk membuat kelopak bunga dilakukan secara bertahap. Dimulai dari sudut terbesar dari permukaan puding (ex:80derajat) dan penetrasi dilakukan secara berulang hingga 1 putaran.
  6. Lanjut ke kelopak berikutnya, silahkan masukkan sendok kedalam puding kaca dengan sudut yang lebih kecil (misal:50derajat) dari permukaan puding kaca dan lakukan penetrasi secara berulang dengan kemiringan sudut yang sama hingga 1 putaran.
  7. untuk membuat jelly art bunga mawar ini kita menggunakan sendok kecil, kerukan buah dan sedotan.
  8. Pertama-tama buat lubang di tengah puding kaca menggunakan kerukan buah. Isi lubang dengan adonan puding essens trawberry. Tusuk puding kaca menggunakan sedotan tegak lurus dengan permukaan puding untuk membentuk kelopak yang kuncup. Gerakan perlahan sedotan hingga jelly strawberry turun.
  9. Untuk kelopak berikutnya menggunakan sendok kecil dengan bagian cekung menghadap kedalam. Penetrasikan sendok dengan kemiringan 80 derajat. Tahan sendok didalam puding lalu gerakan keatas-bawah secara perlahan sampai cairan puding strawberry dapat mengalir kedalam.
  10. Bila perlu gerakan perlahan sendok maju mundur untuk mendorong puding strawberry lebih masuk secara menyeluruh. Buat kelopak dengan kemiringan sudut yang sama hingga satu putaran.
  11. Ulangi dengan kemiringan berbeda sesuai dengan jumlah tingkatan kelompok yang diinginkan. Jangan lupa untuk menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu.
  12. Untuk membuat daun, silahkan masukkan adonan jelly melon dalam lubang lalu tusuk puding kaca dengan bagian cekung sendok menghadap keluar.
  13. Terakhir tuang jelly untuk membantu menutup lubang pada puding kaca. Hasilnya akan lebih menarik
rula01

Praktek memasak oleh para peserta

 

rula03

Puding hasil karya peserta

 

rula04

Kreasi puding rumput laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *