KP2B2 Cover

Sosialiasi Pemasaran Melalui KP2B2 MESRA

Potensi ekonomi dikota probolinggo khususnya dibidang perikanan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan lebih lanjut.. Dalam  pengembangan usaha bidang kelautan dan perikanan disamping ketersediaan bahan baku, keterampilan dan kemauan juga dibutuhkan konsistensi dalam hal mempertahankan kualitas, kuantitas, Kontinuitas serta strategi pemasaran yang tepat agar usaha bidang perikanan tetap bertahan. Khusus untuk kegiatan pemasaran, merupakan salah satu subkegiatan yang sanagat penting. Dukungan untuk memperkuat Produk Olahan Hasil Perikanan ini tidak hanya pada proses produksinya melainkan juga pada aspek promosi dan pemasaran olahan hasil perikanan tersebut. Pemasaran produk olahan hasil perikanan kurang begitu optimal sehingga para stakeholder atau masyarakat umum  merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi  maupun untuk mendapatkan  produk olahan hasil perikanan tersebut. Solusi dalam memecahkan permasalahan dalam pembentukan pusat penjualan produk perikanan.

Keberadaan pusat oleh oleh dinas perikanan kota probolinggo telah berdiri pada bulan februari 2017  dan keberadaan nya pada saat ini perlu di evaluasi lagi agar dapat lebih bermanfaat lagi bagi para pengolah dan pemasar yang ada di kota Probolinggo. Dari evaluasi pusat penjualan produk perikanan tersebut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Pusat penjualan oleh oleh yang tersebar pada saat ini hanya tersebar di 3 kecamatan yaitu kecamatan Mayangan “Out Let Al Handi”, Kecamatan Kanigaran “Outlet Barokah”, Kecamatan Kedopok “Outlet Kedai Ola Ole”
  2. Diharapkan perlu adanya penambahan Outlet Pemasaran lagi guna memperluas akses pasar dan promosi
  3. Perlu adanya peran serta dari dinas perikanan untuk membantu promosi dari out let mas cik mesra tersebut.
  4. Diharapkan peran aktif dari para pelaku usaha perikanan untuk mengisi stannd out let mas cik mesra tersebut.

Disamping itu juga pada sosialisasi ini dibahas juga rencana kerja dari Bidang Pengembangan Usaha yang terkait dengan Pengolah dan pemasar produk perikanan antara lain:

  • Pelaksanaan lomba kelompok perikanan yang akan dilaksanakan di bulan maret sehingga akan ada evaluasi atau penilaian untuk kelompok pengolah dan pemasar pada tanggal 19, 20, 26 dan 27 Februari 2018.
  • Sertifikasi dan standarisasi produk perikanan diharapkan melakukan pendaftaran paling lambat hari jumat dan untuk sementara yang terdaftar baru 13 orang/UKM
  • Pihak propinsi akan memberikan bantuan berupa fasilitasi gelar produk di tempat umum seperti mall dan yang difasilitasi hanya sewa tempat dan  dekorasi sedangkan untuk penjaga stand akan dijaga oleh para pengolah dan pemasar secara bergantian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *