Cover Koperasi

Pembinaan Pengembangan Koperasi Nelayan Timur Jaya

Kegiatan Pelaksanaan Pembinaan Koperasi Nelayan Timur Jaya di laksanakan dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan koperasi perikanan sehingga pelaku usaha perikanan secara guyub dan bergotong royong dapat memajukan kesejahteraan bersama. Dengan berkembangnya koperasi perikanan maka diharapkan dapat meningkatkan  semangat kegotong royongan dan kesejahteraan pelaku usaha perikanan baik pada bidang pengolahan, pembudidaya, maupun penangkapan.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang yang terdiri daripara kelompok nelayan di Kota Probolinggo. Para peserta penyuluhan diberikan arahan terkait pentingnya membentuk suatu koperasi perikanan. Koperasi perikanan sebagai koperasi yang anggotanya terdiri dari para nelayan  dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Narasumber dalam Pembinaan Pengembangan Koperasi Nelayan Timur Jaya di Kota Probolinggo adalah Ibu APRIL HARTANTI, SP, MM dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kota Probolinggo. Dalam mengembangkan koperasi perikanan, hal paling mendasar  adalah setiap anggota koperasi perikanan harus memiliki jiwa dan semangat pada koperasi perikanannya. Dalam pengembangan koperasi kunci utama adalah kemauan dan tekat yang kuat,sanggup menjadi relawan,transparansi antara pengurus dan anggota,mandiri dalam pengembangan usaha dan semangat untuk selalu belajar. Karena koperasi perikanan pada prinsipnya mensejahterakan anggota anggotanya dengan asas kekeluargaan dan keanggotaan koperasi bersifat suka rela tanpa paksaan.

Hasil identifikasi pelaksanaan kegiatan Pembinaan Pengembangan Koperasi Nelayan Timur Jaya di Kota Probolinggo yaitu dengan memberikan semangat dan motivasi mengembangkan koperasi perikanan di Kota Probolinggo. Berkembangnya koperasi perikanan bagi pelaku usaha perikanan bidang penangkapan  diharap dapat meningkatkan semangat gotong royong dan kesejahteraan pelaku usaha perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *