Pokmaswas

Evaluasi Pembinaan Sistem Pengawasan Masyarakat (POKMASWAS)

Pelaksanaan Pembangunan Nasional yang berdasarkan pada Wawasan Nusantara, menuntut kita untuk dapat mengelolah Sumberdaya Perikanan dan Kelautan tersebut sebaik – baiknya. Pengelolaan Sumberdaya yang sebaik – baiknya adalah dengan berdasarkan keadilan dan pemerataan dalam pemanfaatannya serta terciptanya kelestarian sumberdaya ikan dan lingkunganya. Hal ini sesuai dengan amanat undang – undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang perikanan.

Atas dasar tersebut diatas maka Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo dalam program kerjanya memandang penting dilakukan Pembinaan Sistem Pengawasan Masyarakat. Hal ini sesuai dengan kondisi wilayah Probolinggo yang memiliki wilayah pesisir. Keberadaan wilayah pesisir ini secara sosial ekonomi sangat bepengaruh pada jenis mata pencaharian sebagian besar masyarakatnya yaitu bergerak dalam bidang perikanan tangkap           ( nelayan ) maupun pembudidaya ikan. Namun dalam pengelolaan sumberdaya perikanan tersebut banyak terdapat permasalahan – permasalahan yang timbul akibat penanganan eksploitasi sumberdaya ikan yang sembarangan dan kontra produktif terhadap perkembangan kegiatan pengelolaan sumberdaya perikanan.

Pelaksanaan kegiatan pembinaan ini, secara teknis dengan memberikan gambaran yang benar tentang cara – cara pemanfaatan SDI yang benar dengan tidak merusak SDI yang ada serta menjaga SDI yang sudah ada. Di dalam mendukung kegiatan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo melibatkan masyarakat secara aktif secara rutin dalam kegiatan Pembinaan Kelompok Masyarakat Pengawas ( POKMASWAS ) Perikana.

Kegiatan Penilaian Evaluasi Pembinaan Sistem POKWASMAS ini dilaksanakan selama 2 ( dua ) hari yaitu pada hari Selasa dan hari Rabu tanggal 20 dan 21 April 2016, di Gedung Pertemuan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo ( Ruang Pertemuan Penyuluh ), yang beralamat di Jln. Lingkar Utara ( Depan Tambak dinas Kelautan dan Perikanan ) Kota Probolinggo, yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dengan sitem penilaian masing – masing kelompok bergantian yang sesuai waktu yang sudah ditentukan dalam melakukan dan menjalankan penilaian evaluasi kelompok yang dilaksankan dalam dua hari tersebut dengan enam kelompok yang ada di Kota Probolinggo.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo yang sekaligus membuka acara kegiatan penilaian evaluasi tersebut, Kepala Seksi Konservasi dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan, Tim Juri Penilaian Evaluasi POKMASWAS, dan masing – masing kelompok yang sudah dijadwalakn yang ada di Kota Probolinggo yang setiap kelompok mengikut sertakan 14 pengurus maupun anggotanya beserta ketua kelompok itu sendiri, di hari pertama hari rabu tanggal 20 April 2016 tim penilai melakukan penilaian pada 3 kelompok yang bergantian dengan waku yang sudah ditentukan dengan rincian waktu setiap satu kelompok dengan 90 menit dengan kelompok Mina Bubu, Cinta Bahari, dan Pilang Lestari, sedangkan dengan hari yang ke dua hari Kamis tanggal 21 April 2016 yaitu kelompok Arum jaya, Asih Jaya, dan Pesisir Utara.

pokmaswas02

Pembinaan POKMASWAS oleh DKP Kota Probolinggo

pokmaswas03

Pemeriksaan Berkas Administrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *