Cooking01

Cooking Class Bersama Adik-Adik TK. Dewi Sartika

Angka konsumsi ikan di Indonesia tahun 2017 sebesar 43,15 kg/kapita/tahun dan untuk kota Probolinggo sebesar 35,71 kg/kapita/tahun. Hal ini menunjukkan belum maksimalnya program pemerintah dalam peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Beberapa faktor penyebab rendahnya tingkat konsumsi ikan di Indonesia antara lain : (a) kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya kandungan gizi ikan untuk kesehatan; (b) rendahnya suplai ikan khususnya di daerah-daerah pedalaman; (c) belum berkembangnya teknologi pengolahan / pengawetan ikan; (d) masih kurangnya sarana dan prasarana pemasaran serta distribusi yang masih terbatas baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Tujuan Cooking Class adalah meningkatkan minat dan pilihan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Hal ini  dapat dilakukan melalui komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan promosi. Kegiatan promosi dalam hal ini dilakukan untuk mengubah perilaku dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Gerakan memasyarakatkan  makan ikan (GEMARIKAN) yang beberapa waktu lalu telah dicanangkan perlu dukungan kebijakan dan pengawasan dari banyak pihak. Salah satunya dengan mengadakan Cooking Class bagi anak – anak TK beserta wali murid. Adapun pelaksanaan kegiatan Cooking Class bertempat di Tambak Dinas Perikanan pada hari Minggu tanggal 18 Maret 2018 dan diikuti oleh 30 anak TK. Dewi Sartika Kota Probolinggo.

Pada kegiatan Cooking Class ini anak – anak dan wali murid diberi pemahaman tentang pentingnya makan ikan karena didalam ikan banyak terkandung gizi yang baik untuk perkembangan otak anak. Sehingga di himbau kepada wali murid untuk selalu menyediakan menu ikan di meja makan keluarga karena masa depan anak – anak ada di meja makan. selain itu  anak – anak juga diberi adukasi tentang dunia ikan, Mereka di ajak keliling tambak dan hatcheri serta dikenalkan cara membudidaya ikan mulai dari pemijahan sampai pembesaran. Setelah itu mereka diajak keliling ke stan – stan pengolah dan pemasar olahan hasil perikanan di Pasar Sore Wak  – iwakkan supaya mereka mengenal aneka macam produk olahan hasil perikanan. Setelah berkeliling mereka di ajak untuk membuat bakso ikan lele dan kemudian makan bakso hasil olahan mereka sendiri.

RESEP MEMBUAT BAKSO IKAN LELE

Bahan-bahan Bakso Ikan Lele :

  1. Daging Ikan lele 200 gram ( haluskan )
  2. Bawang putih 2 butir ( dihaluskan )
  3. Putih telur 1 butir
  4. Garam 1 sendok teh
  5. Gula pasir 1/2 sendok teh
  6. Tepung sagu 50 gram
  7. Air es 25 mili liter

Cara Membuat Bakso Ikan Lele :

Langkah awal Campur daging ikan lele dengan telur , garam , gula pasir dan air es , aduk rata . kemudian tambahkan tepung sagu , aduk rata . cicipi jika ada yang kurang , silahkan tambahkan sesuai selera .Selanjutnya bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dengan sendok teh . kemudian rebus dalam air mendidih hingga terapung , angkat , tiriskan . Bakso Ikan Lele pun siap disajikan dengan kuah tomyam , kuah kaldu atau diolah menjadi masakan seperti sup dan aneka masakan lainnya .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *