Bimtek01

Bimbingan Teknis Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Perikanan

Banyak usaha bidang perikanan yang gagal, dan berjatuhan karena memiliki manajemen yang buruk. Beberapa usaha bidang perikanan tersebut sebenarnya memiliki produk yang unggul, dan pasar yang jelas. Kurangnya keahlian di bidang manajemen membuat beberapa pengusaha perikanan melakukan beberapa kesalahan seperti kesalahan marketing, kesalahan perhitungan biaya produk dan kesalahan manajemen pegawai.

Pentingnya keahlian manajerial bagi setiap pengusaha adalah suatu hal yang harus diketahui dan dikuasai oleh semua pengusaha, khususnya bagi para pengusaha kecil. Karena, saat ini persaingan semakin ketat. Mulai dari masuknya produk-produk asing dengan harga yang sangat murah dan perusahaan-perusahaan besar yang sudah banyak menguasai pasar, membuat perkembangan usaha kecil menjadi tidak mudah.

Agar usaha kecil yang dilakukan mampu berkembang menjadi usaha yang lebih besar, dibutuhkan suatu manajemen yang baik. diperlukan perencanaan dalam setiap kegiatan dalam menjalankan usaha tersebut, ditentukannya tujuan atau sasaran serta strategi untuk menghadapi segala permasalahan baik dalam produksi maupun pemasaran sangat penting untuk menunjang perkembangan bisnis pengusaha kecil. Namun, dalam lapangan, rata – rata pengusaha kecil melakukan aktivitas mereka hanyadengan mengandalkan naluri tanpa perhitungan yang matang. Sebuah bisnis usaha yangtidak melakukan manajemen dengan baik akan mengalami kesulitan untuk dapat bertahan, bahkan berkembang, di dalam dunia yang sarat dengan persaingan.

Oleh karena itu pelatihan Manajemen Usaha Kecil diharapkan dapat membantu mereka para pengusaha-pengusaha baru maupun pengusaha profesional, untuk menguasai dan memahami betul manajemen dalam usaha mereka masing-masing. Sehingga usaha mereka dapat berjalan dengan baik, efisien dan mampu meraih kesuksesan.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka dinas kelautan dan perikanan kota probolinggo memberikan kegitan sosialiasi terkait pentingnya kelembagaan usaha perikanan dalam menunjang pengembangan usaha perikanan bagi Pengolah dan pemasar produk hasil perikanan.

bimtek02

Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Usaha Perikanan n dilaksanakan hari Kamis Tanggal 10Maret 2016pukul 10.00 WIB Di Gedung pertemuan PDAM Kota probolinggo dengan pengolah dan pemasaran perikanan (UKM) Binaan Dinas Kelautan Dan Perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *