Cover Modal

Sosialisasi dan Fasilitasi Akses Permodalan Bagi Pelaku Usaha Perikanan dan Pengumuman Pemenang Lomba Penilaian Kelompok Pelaku Usaha Perikanan

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Akses Permodalan Bagi Pelaku Usaha Perikanan dan Pengumuman Pemenang Penilaian Kelompok Pelaku Usaha Perikanan di Kota Probolinggo dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Maret 2018 di Ruang Pertemuan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggo.

Kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Akses Permodalan Bagi Pelaku Usaha Perikanan dan Pengumuman Pemenang Penilaian Kelompok Pelaku Usaha Perikanan dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan kelompok pelaku usaha perikanan sehingga pelaku usaha perikanan secara guyub dan bergotong royong dapat memajukan kesejahteraan bersama. Dengan berkembangnya kelompok pelaku usaha perikanan maka diharapkan dapat meningkatkan  semangat kegotong royongan dan kesejahteraan pelaku usaha perikanan baik pada bidang pengolahan, pembudidaya, maupun penangkapan. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kelompok pelaku usaha perikanan atas prestasi yang di raih dalam mengembangkan kelembagaan kelompoknya.

Kelompok yang di berikan piagam pemenang Penilaian Kelompok adalah :

NOKATEGORIJUARA IJUARA IIJUARA III
1TANGKAP/KUBMina HarapanMina ZeroCinta Damai
2POKDAKANKarya MandiriWahana Sentosa ProbolinggoMangun Jaya
3POKLAHSARGuyub MakmurAnugerah Karya BahariAkusara Basuki
4POKMASWASPilang LestariCinta BahariMina Bubu

 

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang yang terdiri dari para nelayan,  pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan dan pokmaswas di Kota Probolinggo. Para peserta sosialisasi diberikan arahan terkait akses permodalan yang merupakan program pendanaan dari KKP. Narasumber dalam Sosialisasi dan Fasilitasi Akses Permodalan Bagi Pelaku Usaha Perikanan di Kota Probolinggo adalah Ibu NURIL MILLATI dari LPMUKP-KKP. Bahwa KKP melalui LPMU-KP memberikan akses kredit bagi pelaku usaha perikanan melalaui pemberian dana bergulir. Dana ini di khususkan bagi nelayan,pembudidaya,pengolah dan pemasar hasil perikanan,usaha garam rakyat,usaha masyarakat pesisir seperti kedai pesisir,wisata bahari,dll.

Dalam pengusulan dan penyaluran modal usaha ini,pelaku usaha perikanan di dampingi oleh tenaga pendamping. Pinjaman ini dapat di peroleh dengan mengusulkan (proposal) atasnama kelompok atau koperasi perikanan di lengkapi dengan surat keterangan binaan dari Dinas Perikanan terkait. Pada kegiatan tersebut, sampai dengan akhir acara, sharing dan diskusi antar pelaku usaha perikanan terkait akses permodalan berjalan dengan baik dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *