Sambelan01

Lomba Sambelan Asap

Produk pangan hasil perikanan pada dewasa ini semakin baragam bentuknya, baik itu dari segi jenisnya maupun dari segi rasa dan cara pengolahannya. Namun seiring dengan semakin pesatnya teknik pengolahan pangan, penambahan bahan-bahan aditif pada produk pangan sulit untuk dihindari. akibatnya pengawetan  pangan telah menjadi dasar pemilihan suatu produk pangan yang akan dikonsumssi. Pengawetan produk hasil perikanan merupakan hal yang sedang banyak dipelajari, karena manusia semakin sadar akan pentingnya sumber makanan hasil perikanan dan kandungan yang ada di dalam  makanannya sehingga diperlukan suatu tehnik pengawetan pangan produk perikanan. Dalam proses pengawetan  pangan, dikenal pula usaha untuk menjaga daya tahan suatu bahan sehingga banyaklah muncul bahan-bahan pengawet yang bertujuan untuk memperpanjang masa simpan suatu bahan  pangan  hasil perikanan. Berbagai cara dilakukan untuk mempertahakan mutu dari suatu produk perikanan antara lain penggarapan, pengeringan, pengasapan dan yang lainnya.

Pengasapan Ikan adalah merupakan cara yang digunakan dalam usaha perikanan sebagai salah satu cara dari suatu proses yang bertujuan untuk mengawetkan ikan. Usaha pengawetan ikan melaui sistim pengasapan sebenarnya sudah cukup lama dengan berbagai bentuk dan ragamnya dan sudah dikenal oleh masyarakat perikanan umumnya.  Media pengawet dalam proses Pengolahan perikanan. Usaha pengolahan melalui sistim pengawetan yang dilakukan dengan cara pengasapan ini juga merupan sebagai upaya alternatif untuk mengatasi melimpahnya produksi perikanan, sehingga selain awet, ikan akan tetap terjaga kwalitas mutu dan menimbulkan kelezatan yang disukai para konsumen. Pada kegiatan lomba sambelan ikan asap dikiuti oleh 15 tim pengasap dikota probolinggo. Lomba sambelan ikan asap dengan menggunakan ikan hasil tangkapan dari Kota Probolinggo dimana ikan asapa yang digunakan antara lain Ikan Kurisi, Ikan Mangla, Ikan Medahi, Ikan marmoyo, Ikan Odul, daan Ikan Kakap.

Peserta Menyajikan hasil Olahan pada meja saji berupa ikan asap dan sambal dengan ketentuan 1 porsi untuk masing masing tim. 1 Tim lomba asap terdiri dari dua orang. Ikan asap sudah disediakan dari rumah masing masing, kehiatan yang dilaksanakan di lokasi lomba adalah nguleg sambel. Jenis Sambel diserahkan pada tiap tiap peserta. Adapun kritera lomba sambelan ikan asap antara lain:

  1. Kreasi : 20%
  2. Sanitasi dan hygienis : 35%
  3. Rasa : 30%
  4. Penyajian : 15%

Fasilitas peserta lomba antara lain Meja, Kursi dan  Taplak Meja serta peserta akan mendapatkan penggantian bahan.  Dewan Juri berjumlah tiga orang yang berasal dari Dinas Kesehatan, SMKN 4 Jurusan Pengolahan serta Owner RM Buntaninak.  Hadiah yang diberikan oleh panitia sebagai berikut:

  1. Juara I sebesar Rp. 1.000.000,-
  2. Juara II sebesar Rp. 750.000,-
  3. Juara III sebesar Rp. 500.000,-

Pada kegiatan lomba sambelan asap ini dibuka oleh ibu walikota probolinggo Hj. Rukmini, SH, M.Si dimana simbolisnya dilakukan melalui sambelan. Pemenang pada kegiatan lomba sambelan ini antara lain:

  1. Juara I Diraih Oleh meja No. 10 atas nama Drajat / Sunarsih dengan nilai 232
  2. Juara II diraih Oleh Meja No. 4 atas nama Jamilah dengan nilai 226
  3. Juara III diraih Oleh Meja No. 2 atas nama Suliha dengan nilai 200
sambelan02

Peserta lomba sambelan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *